[Jawa Barat] REOG SUNDA


APA yang Anda ingat tentang Reog? Ponorogo pastinya! Memang, kesenian Reog identik dengan salah satu kota di Jawa Timur ini. Tapi tahukah Anda, ternyata Reog tak Cuma milik Ponorogo saja? Yup betul Reog Sunda di Jawa Barat. Seperti apa?

Kalau Reog Ponorogo, penarinya memakai topeng besar dengan berat beratus-ratus kilo, sementara Reog Sunda memadukan lawak, lagu dan cerita yang berisi tentang pesan-pesan sosial dan keagamaan. Bahasa yang dipakai ya bahasa Sunda.

Biasanya dibawakan oleh 4 orang yang masing-masing membawa alat musik tradisional terbuat dari bambu untuk dimainkan. 1 orang berperan sebagai Dalang membawa alat yang disebut Tilingtingtit, wakilnya membawa alat yang disebut Panempas, dan 2 orang lainnya membawa alat masing-masing disebut Bangbrang dan Badublag.

Selain alat musik yang dibawa oleh masing-masing pemain, masih ada musik pengiring lain sebagai pelengkap yang terdiri dari kendang, go’ong, torompet dan kacapi. Dalam perkembangannya saat ini, biasanya ditambah dengan alat musik modern seperti keyboard dan gitar.

Awal mulanya Reog ini diperkenalkan secara luas oleh kelompok BKAK dari POLRI, melalui media TVRI Pada era 80-an silam. Tentu saja tidak menggunakan bahasa aslinya Sunda, tetapi menggunakan bahasa Indonesia. Kala itu sambutannya cukup bagus mengingat mungkin masih kurangnya sarana hiburan.

Kondisi sekarang, kesenian ini memang sudah jarang muncul di media. Kalaupun masih ada, mungkin hanya dimainkan di kalangan generasi tua dalam lingkup acara kecil saja. Sungguh miris jika kesenian ini kemudian hilang seiring derasnya budaya dari luar. Jangan sampai deh akhirnya diklaim lagi oleh Negara tetangga sebagai salah satu budayanya. Setuju kan? [ameL - 22 desember 2009]

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: