[Nias] – Budaya Lompat Batu


MUNGKIN  bagi sebagian orang,  aneh ya ada budaya kok melompati batu? Tapi percaya atau tidak, inilah warisan budaya asli paling terkenal dari Pulau Nias, khususnya daerah Teluk Dalam Nias Selatan.. Pulau Nias sendiri terletak di sebelah Barat Pulau  Sumatera.

Secara teknis, sebenarnya batu yang dilompati harus disusun dulu. Susunan batu diatur sedemikian rupa hingga mencapai sekitar 2 meteran dengan ketebalan kurang lebih 40 cm. Batu inilah yang nantinya akan dilompati oleh pemuda setempat.

Tidak sekadar melompat pastinya, karena awalnya budaya lompat batu ini –yang dalam bahasan Nias disebut Fahombo Batu—untuk menguji kekuatan dan kedewasaan pria Nias jaman dulu. Mereka [para pemuda] ditantang untuk dapat melompati tumpukan batu sebagai salah satu syarat agar dapat terpilih menjadi prajurit unggulan [samu’i mbanua]. Dari upacara lompat batu itulah, akan ditemukan pemuda yang siap berperang, bisa memberi kebanggaan  pada keluarganya. Bagi pemuda itu, hal lain yang menarik, bisa memikat hati lawan jenis.

Sekarang ini, fungsi dan teknik lompat batu, sudah bergeser. Selain sisi budayanya, lompat batu sudah  menjadi sisi komersil dari Pulai Nias. Meski begitu, budaya ini memang hanya ditemukan di Pulau Nias saja. Dan inilah yang menjadi keunikan [dan komersialisasi] budaya ini.

Oh ya, kini selain tetap menarik dari dengan segala cerita historisnya, lompat batu ini pun juga dijadikan sebagai sarana untuk berolahraga bagi sebagian siapa saja yang ingin mencoba. Tentu saja yang punya nyali lebih melompati tumpukan batu tersebut.  Kamu berani mencoba? [ameL- 11 november 2009]

2 Komentar (+add yours?)

  1. 123321cantik
    Nov 09, 2011 @ 09:43:51

    wou….. keren…
    i like it….

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: