GETAH [Pohon] NYATU : Si Elastis Yang Ajaib


Sesuai namanya, getah ini berasal dari pohon Nyatu, pohon yang kebetulan hanya terdapat di Pulau Kalimantan saja. Itupun hanya banyak terdapat di hutan-hutan wilayah Kalimantan Tengah dan Selatan saja.

Meskipun keberadaan pohon ini sudah mengalami kekurangan akibat deforestasi, tetapi masih ada sebagian masyarakat Kalimantan yang masih mempertahankan membuat pernak-pernik dari bahan getah ini. Warga Desa Dahirang Kuala Kapuas Kalimantan Tengah misalnya.

Dari getah inilah, warga menggunakannya untuk membuat berbagai kerajinan. Getah yang berwarna putih ini sangat elastis hingga bisa dibentuk menjadi kriya yang unik. Contohnya miniatur perahu, rumah khas betang Kalimantan, patung Dayak dan gantungan kunci.

Sungguh ironis memang, dimana masyarakat masih menggantungkan hidupnya dengan membuat dan menjual hasil kerajinan tangan mereka, namun akibat pembabatan hutan bahan baku getah nyatu ini nyaris terancam punah. Selain itu, getah inipun hanya bisa keluar jika dilakukan penebangan, bukan dengan cara disadap sperti kebanyakan getah pohon lain. Ini juga salah satu faktor mengapa pohon nyatu sudah jarang ditemui.

Dan yang paling mengkhawatirkan, hasil penelitian mengungkapkan pohon ini tidak bisa dibudidayakan karena dia hanya bisa berkembangbiak di lingkungan aslinya. Dilematis, kalau mereka tidak punya kesadaran untuk menggantikan pohon yang sudah ditebang dengan bibit baru. Meski untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perlu waktu yang tidak sebentar. [ameL – 5 januari 2010]

1 Komentar (+add yours?)

  1. Trackback: Pernak – pernik khas Kalimantan Tengah | sHacie's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: