Mainan Made In Cina : Memang Murah, Tapi Mengandung Racun Timbal


Siapa bantah, produk China saat ini benar-benar sedang “membanjiri” pasar dunia, termasuk Indonesia. Salah satunya adalah produk mainan. Percaya atau tidak, China adalah pemasok mainan terbesar ke Indonesia.

Kelebihan produk tiongkok ini, selain design dan bentuk yang bagus, warna-warna yang cerah, harganya kadang-kadang membuat kiat geleng-geleng kepala saking murahnya. Weiits….tapi nanti dulu, jangan gampang tergoda untuk membelinya, karena dibalik murah dan meriahnya mainan itu, ternyata tersimpan “racun” yang membahayakan. Masak sih?

Asosiasi Penggiat Mainan Edukatif dan Tradisional Indonesia (APMETI) menemukan hampir 80% mainan produk Cina itu mengandung racun timbal yang mematikan. Sebagian besar mainan yang terbuat dari plastik, karet dan logam itu mudah mengurai dalam suhu panas. Memang efeknya tidak serta merta terasa, namun hasil penelitian menyatakan jika dimainkan oleh anak-anak secara terus menerus maka dalam jangka panjang akan mengakibatkan asma, sakit pernafasan, kurangnya konsentrasi bahkan autis akibat sering menghirup racun timbal.

Herannya, ketika di negara-negara lain sudah ditarik dari pasaran, di Indonesia malah sangat diminati. Apa boleh buat, harga murah dan terjangkau tetap jadi primadona masyarakat kita yang nota bene didominasi kalangan menengah ke bawah.

Mungkin yang membuat kita sedih, pemerintah yang seharusnya melindungi masyarakat terkesan masih setengah hati menangani masalah ini. Ditambah lagi dengan perjanjian FTA (Perdagangan bebas Asia) yang mulai diberlakukan tahun ini dengan biaya pajak 0% , sehingga produk-produk asal Cina ini semakin membanjiri pasar Indonesia.

Kalau sudah begini, sudah susah dibendung bukan? Tapi daripada anak-anak Anda keracunan parah? [ameL – 11 januari 2010]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: