Waspada, Cuaca Ekstrem Mengintai Kita


WASPADA dengan perubahan cuaca ekstrim. Wanti-wanti ini bukan omong kosong, karena dirilis oleh BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) beberapa hari terakhir ini. Tidak semua daerah memang, karena BKMG mewaspadai daerah seperti wilayah Sumatera bagian Utara, Tengah dan Selatan, Pesisir Barat Sumatera, Kalimantan bagian Selatan, Jabodetabek.

Kemudian sebagian besar Pulau Jawa, Sulawesi bagian Selatan dan Tenggara. Serta Bali dan Nusa Tenggara, Maluku bagian Utara, Papua bagian Barat dan Selatan.

Yang sudah terdeteksi adalah adanya daerah bertekanan rendah di Samudera Hindia. Prediksi itu diperkirakan terjadi di sebelah Barat Nanggroe Aceh Darussalam disertai pusaran angin tertutup kencang di perairan sebelah Barat Sumatera.

Kalau memang terjadi, diperkirakan akan memberi pengaruh terhadap aktifitas pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Indonesia.

Awan-awan hujan ini bisa berubah menjadi awan-awan konvektif jika kondisi permukaan air laut bertemperatur panas. Dan potensi yang akan dihasilkan jika terjadi awan konvektif ini adalah hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

Dan hal ini sudah terjadi di beberapa tempat di Indonesia seperti Pasuruan dan Purbalingga Jawa Timur yang dihantam hujan angin Minggu dini hari [10/01] kemarin yang menyebabkan banjir bandang di beberapa lokasi. So, waspadalah…[ameL – 11 januari 2010]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: