Ketika Muslim Dunia, Bicara Soal Lingkungan


JIKA tak ada aral melintang, tanggal 1-2 Maret 2010 akan digelar sebuah konferensi Muslim Dunia bertempat di Bogor Jawa Barat. Menariknya, konferensi ini bukan untuk membahas tentang agama Islam, namun tetap bertujuan mulia yaitu kesepakatan untuk berkontribusi terhadap lingkungan.

Rencananya, konferensi akan dihadiri ilmuwan dan ulama dari 30 negara yang mayoritas berpenduduk muslim dan 150 orang ahli lingkungan, dimana akan dibahas tentang tindak lanjut serta langkah yang akan diambil atas deklarasi yang telah tercetus pada Juni 2009 yaitu “Rencana Tujuh Tahun Aksi Muslim untuk Perubahan”

Dengan populasi umat muslim dunia yang mencapai 1,4 milyar, diharapkan akan berdampak pada perubahan iklim global. Staf Ahli Menteri Kehutanan bidang Ekonomi, Ahmad Fauzie Masud, menyambut baik kegiatan itu dan berujar “Konferensi ini berharap bisa didukung oleh banyak pihak, hingga akan menghasilkan aksi yang nyata dan efektif untuk lingkungan,” seperti dilansir Antara.

Adapun hal-hal yang akan dijabarkan nanti adalah pengumpulan dana wakaf untuk rencana penanggulangan perubahan iklim, sertifikasi lingkungan berbasis syariah, pengembangan Haji Hijau, dan mendorong pengembangan Masjid Hijau dan eko-pesantren.

Dan Indonesia dengan basis penduduknya mayoritas beragama Islam menjadi salah satu negara yang berpotensial besar akan pengaruhnya terhadap lingkungan. Jadi baik buruknya perlakuan kita terhadap alam akan membawa dampak yang besar terhadap iklim global. Semoga saja niat baik ini akan bisa merubah pola hidup untuk lebih ramah pada lingkungan, setidaknya dimulai dari diri sendiri. [ameL – 25 januari 2010]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: