Multimedia : Kampanye Sadar Lingkungan OnLine!


Coba, generasi sekarang siapa sih yang gak kenal blog, facebook, twitter dan sarana jejaring sosial lainnya. Rasanya kok kuper banget kalau sampai kelewatan. Nggak peduli tua muda, semua utak-atik jejaring soal itu.

Sayangnya, masih sedikit yang memakai jejaring sosial itu untuk kampanye yang sifatnya positif. Misalnya soal lingkungan hidup. Padahal, bisa dikatakan paling efektif untuk menularkan isu-isu terkini soal lingkungan hidup.

Nah, bagi para pecinta dan peduli lingkungan, tak ada salahnya menularkan kesadaran berlingkungan-nya melalui cara ini. Ini juga yang memprakarsai diadakannya Bincang-bincang bertema “Gejolak, Ekspresi, Media dan Kita Terhubung, Kita Peduli,” di gedung Goethe Haus [23/1]. Narasumbernya, Away (Blogger dan Pengelola Situs satudunia.net), Julian Sihombing (Fotografer Kompas), Meiske Taurisia, Produser Babibufilm) dan Michelin Hidayat (Produser Musik).

Dalam kacamata Away, untuk menyebarkan isu lingkungan dan penggalangan publik untuk pelestarian lingkungan, sebenarnya cukup efektif dengan jejaring sosial yang ada. Karena penggunanya memang sangat banyak. Selain itu website adalah etalase untuk menampilkan berbagai produk melalui foto, gambar dan tulisan. Sangat pas untuk menuangkan berbagai informasi termasuk tentang lingkungan.

Sedang menurut Julian yang seorang fotografer, “Hobby fotografi juga bisa jadi penyaluran untuk kampanye lingkungan. Satu foto bisa menuai berbagai opini bahkan penyampaian fakta.” Bayangkan jika jutaan anak muda berkampanye lingkungan di media ini, harapan akan masa depan dengan lingkungan yang lebih baik tentu akan cepat terwujud. Berani memulai? [ameL – 25 januari 2010]

3 Komentar (+add yours?)

  1. ismail agung
    Feb 03, 2010 @ 06:32:51

    Beruntungnya saya…

    Saya sedang mencoba untuk menuliskan hal-hal kecil untuk lingkungan. Dan sampai saat ini lumayan ada baru beberapa postingan berdasarkan cerita sehari-hari.
    Jika tidak keberatan bisa berkunjung ke blog saya.
    Ayo berkampanye lingkungan di dunia maya!!

    Balas

    • amelzone
      Feb 04, 2010 @ 10:41:51

      makasih mas ismail buat mampir ke blog saya. ah, saya cuman menuliskan apa saja yang jadi concern saya kok. makanya agak campur2, heheeh…..iya, saya sudah mampir juga ke blog-nya mas ismail. sekali lagi, makasih ya mas…..

      Balas

  2. ismail agung
    Feb 04, 2010 @ 12:19:26

    Saya juga campur-campur, karena ya namanya juga blog pribadi. Tentunya temanya adalah saya dan sekeliling saya sendiri.
    Keep writing and green campaign on blog!! Horay…

    Balas

Tinggalkan Balasan

