Yuk, BELAJAR Peduli Alam Lewat Film AVATAR


SEBENARNYA, belajar mencintai alam, bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satu yang sebenarnya cukup afektif adalah dengan audio visual, yaitu film. Asal dikemas dengan apik dan tidak menggurui, pasti akan lebih mudah diserap.

Nah, salah satu yang cukup sukses “memberi pesan” soal lingkungan hidup adalah film AVATAR, karya sutradara James Cameron. Film yang sampai saat ini sudah memecahkan rekor penghasilan paling fantastis ini, memberi kekuatan pesan cinta lingkungan. Meski itu bukan topik utamanya.

Ceritanya memang berkaitan dengan makhluk-makhluk yang sangat peduli dan mencintai alam serta lingkungan hidupnya, hingga tak heran jika cadangan sumber daya alamnya begitu melimpah. Di belahan planet lain yaitu bumi, dikisahkan pada tahun itu telah kehabisan cadangan sumber daya alamnya akibat keserakahan dan eksploitasi yang berlebihan.

Seperti biasa, keserakahan manusia bumi juga yang mengacaukan keseimbangan di planet Pandora tersebut. Manusia dikirim untuk menyelidiki dan mengambil kandungan mineral tersebut. Apa yang terjadi? Ketika tahu ada sumber energi tidak terbatas itlah, manusia kemudian serakah dan ingin menguasai. Harmoni yang terbentuk berantakan dan kacau balau.

Simpel saja pesannya, jangan merusak harmoni alam yang ada. Kalau dirusak, alam juga bisa marah loh.

Saat inipun kita sudah bisa merasakan berbagai dampak akibat kesalahan manusia mengekploitasi alam. Semoga segala pesan yang disampaikan tentang lingkungan melalui media apapun bisa dijadikan pembelajaran bagi seluruh manusia, guna menyelamatkan habitat hidupnya. Terbantu dengan film AVATAR? [ameL – 2 februari 2010]

2 Komentar (+add yours?)

  1. wahyu nurudin
    Feb 04, 2010 @ 11:08:17

    tapi film itu tokohnya biru .. nggak manusia.. aku jadi nggak suka..

    Balas

  2. amelzone
    Feb 05, 2010 @ 11:04:49

    heheeh, mungkin itu animasi gaya baru mas…tapi ceritanya menarik kok…..makasih udah mampir…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: