DEKLARASI NUSA DUA BALI : Semoga Tak Cuma Di Atas Kertas


Banyak deklarasi ataupun konvensi-konvensi tentang lingkungan hidup, namun tetap saja masih menyisakan PR yang ternyata tidak mudah penyelesaiannya.

Masih berkaitan dengan penyelenggaraan deklarasi, menyusul kegiatan serupa yang dilaksanakan di Kopenhagen Denmark beberapa waktu yang lalu, Indonesia patut berbangga hati dengan suksesnya penyelenggaraan Deklarasi Nusa Dua Bali 24-26 Pebruari 2010 lalu. Hanya dalam waktu 3 hari, deklarasi mampu menyepakati sejumlah keputusan penting, yang konon kabarnya hal ini baru pernah terjadi.

Deklarasi yang merupakan sidang ke-11 dari agenda Governing Council Badan Lingkungan PBB (GC-UNEP)/Forum Menteri Lingkungan Global ini berhasil mengangkat isu-isu lingkungan global seperti perubahan iklim, pembangunan berkelanjutan, tata kelola internasional di bidang lingkungan (international environmental governance), ekonomi hijau (green economy), dan keanekaragaman hayati dan ekosistem (biodiversity and ecosystem).

Dalam siaran persnya, Kementerian Luar Negeri menyatakan bahwa Indonesia dan UNEP telah meluncurkan inisiatif Blue Carbon yaitu upaya peningkatan studi kelautan dalam konteks perubahan iklim. Dalam sidang ini juga disyahkan keputusan mengenai Kelautan yang merupakan tindak lanjut Konperensi Kelautan Dunia pada Mei 2009 di Manado, yang salah satunya berisi adanya pemberian bantuan teknis bagi Negara-negara maritim.

Ya semoga saja bukan hanya kuantitas penyelenggaraannya saja yang dilihat, namun justru kualitas serta follow up-nya lah yang paling penting. Banyak membuat kesepakatan tapi kalau tidak dilaksanakan ya untuk apa. Bagaimana menurut anda? [ameL]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: