Green Blog: Cara Malu Kritisi Lingkungan Hidup


BANYAK orang berpikir, untuk melakukan sesuatu perubahan, harus melakukan langkah yang besar. Benar-benar besar, supaya langsung menarik gerbong perubahan yang diinginkan. Saya malah berpikir sebaliknya. Bukankah segala sesuatu itu dimulai dari hal kecil?

Demikian juga soal pembenahan lingkungan hidup. Banyak yang teriak-teriak lewat aksi atau mungkin berceloteh ngedumel tapi tidak bergerak melakukan apa-apa. Paling tidak untuk dirinya sendiri, dia melakukan perubahan.

Saya sebenarnya “malu” dengan diri saya sendiri. Cukup lama saya mengkritisi persoalan lingkungan hidup dalam segala bentuknya. Saya mencoba melakukan hal kecil untuk diri saya dan orang-orang terdekat saya. Misalnya saya mengajak anak saya untuk membuang sampah pada tempatnya. Atau tidak minta tas plastik ketika berbelanja.

Apakah itu semua akan merubah dunia menjadi lebih baik? Saya tidak tahu, tapi yang saya tahu, ketika saya melakukan hal-hal kecil itu, saya sudah memilih mencintai lingkungan dan masa depan kehidupan bumi ini.

Sekarang saya mencoba melakukan hal kecil lainnya lewat blog. Informasi atau hal-hal kecil tentang lingkungan yang mungkin luput dari perhatian orang, saya coba kemas dengan cara informative, supaya yang membaca tulisan saya sedikit tercerahkan. Mungkin tidak langsung mengubah mindshet, karena proses untuk itu, tidak bisa dalam sehari dua hari. Saya hanya sedikit mengisi ruang kosong pencerahan itu.

Apakah blog saya kemudian pantas disebut green blog? Sejujurnya saya tidak peduli mau disebut apa. Apakah ketika saya banyak menulis –meski dalam ranah blog saja—tentang lingkungan, kemudian blog saya disebut green blog? Saya hanya ingin menularkan sedikit peduli lingkungan, lewat catatan-catatan kecil yang saya tulis.

Saya percaya, hal kecil yang saya lakukan bisa memberi pemahaman dan pengertian baru kepada mereka yang [sempat] tentang bagaimana mencintai bumi yang makin rusak dan dirusak oleh manusia. Sudah hijaukah blog Anda?

Tinggalkan Balasan

