Nestle : Punya andil besar merusak hutan


Memang bukan hal baru jika keberadaan perusahaan-perusahaan besar, satu sisi mendatangkan hal positif, tapi tak sedikit juga menimbulkan dampak negatif.
Salah satu perusahaan yang saat ini sedang mendapat kecaman keras adalah Nestle. Perusahaan yang berpusat di Swiss dan bergerak di bidang pangan ini dituduh telah menggunakan minyak sawit sebagai bahan dasar produknya. Dan minyak sawit itu tentulah dipasok dari supliernya, dalam hal ini di Indonesia adalah Sinar Mas Group. Untuk memasoknya, tentu saja Sinar Mas Group terus melakukan ekspansi hutan dan lahan gambut untuk dijadikan perkebunan sawit. Akibatnya bisa ditebak, selain meningkatkan pemanasan global, habitat flora fauna dan ekosistem alam menjadi rusak.
Seperti diberitakan oleh Berling, Greenpeace mengecam habis-habisan perusahaan Nestle untuk segera membatalkan kontrak dengan Sinar Mas. Bahkan Bustar Maitar, juru kampanye Greenpeace Asia Tenggara menyatakan,” Ekspansi hutan besar-besaran oleh Sinar Mas juga menyebabkan kesengsaraan jutaan masyarakat yang hidupnya tergantung pada hutan.” Dan Nestle dianggap berandil besar karena menutup mata akan sepak terjang pemasoknya yaitu Sinar Mas Group. Selain itu guna menjalankan roda usahanya, Sinar Mas yang juga mempunyai Asia Pulp and Paper (APP), perusahaan pulp and paper terbesar Indonesia, sudah pasti membabat kayu-kayu hutan untuk bahan bakunya.

Miris memang, demi kepuasan dan keuntungan yang hanya bisa dinikmati saat ini oleh segelintir orang, mereka tak memikirkan masa depan anak cucunya. Hari ini adalah hari ini, esok urusan nanti, begitu mungkin prinsip mereka. Semoga memang hanya segelintir orang saja yang berfikir begitu. Kita sebagian besarnya, harus mampu melawan keserakahan mereka.

2 Komentar (+add yours?)

  1. football ages
    Apr 16, 2010 @ 03:45:09

    we e e.. temanku ada yang kerja di nestle.. dulu aku suka sama dia.. wah kirain dia kerja di tempat yg bersih 100% dari kesalahan terutama keganasan2 kepada lingkungan..

    Balas

  2. jejak annas
    Agu 29, 2010 @ 18:13:40

    salam kenal gan….

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: